Langsung ke konten utama

ENGINE FUEL SYSTEM

Engine fuel system
Fuel system adalah sistem pengisian, penyimpanan dan pendistribusian fuel ke sistem engine dan APU. Pada normalnya ada 3 tangki Fuel yang ada dipesawat yaitu tank 1 yang berada di kiri sayap, Tank 2 yang ada di kanan sayap dan center tank yang berada di tengah sayap.

Masing-masing di lengkapi dengan electrical boost pump. Pompa ini mendistribusikan fuel di bawah tekanan ke Engine dan APU. Fuel yang di muat ke pesawat dari ground akan melalui sebuah katup fueling di bagian fueling yang bertekanan. Elektric motor-driven boost pump dan saluran fuel mendistribusikan fuel dari suatu tank ke satu Engine atau kedua-duanya. Electrically operated valve mengontrol fuel cross-feed dan Engine fuel shutoff. Pump dan valve pengontrol di lengkapi dengan instrument dan indicating light untuk memonitoring system tersebut,pengaturan dari system control panel berada di depan di atas kepala panel.
            Di dalam System Fuel sendiri terdapat beberapa system yang dapat membantu Fueling dan De-Fueling lebih cepat, Seperti :
1. Fuel Vent Sytem
2. Pressure Fueling System
3. Fuel Quantity Indicating Sytem
1. Fuel vent system mencegah kelebihan tekanan atau kehampaan dari pendistribusian fuel. Vent chanel memanjang sampai ke main dan center tank yang berdekatan dengan bentuk skin wing bagian atas pada setiap section chanel. Tabung vent memberikan venting ketika ketup float membuka.
2. Pressure fueling system menyuplai fuel untuk mengisi tank-tank di pesawat. Refuel station berada di leading edge wing kanan yang memiliki :
Ø  Refuel panel
Ø  Fueling receptacle manifold
Ø  Fueling power control switch

Ø  Fueling receptacle
Fuel Quantity Indicating Sytem yaitu sistem untuk mengetahui Quantity atau banyaknya fuel pada ke-3 tangki Fuel quantity indicating system ini terdapat pada cokpit dan refuel panel. Pada refuel panel ini biasanya digunakan untuk mempermudah pengisian fuel.
 Komponen Fuel System
Ø  Fuel panel
Ø  Fuel Booster Pump
Ø  Check Valve
Ø  Fuel Filter
Ø  Bypass Valve
Ø  Crossfeed Valve
Ø  Fuel Heat Exchanger
Ø  FCU (Fuel Control Unit) / MEC (Main Engine Control
Ø  Fuel Nozzle Spray

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENGINE CONTROL

Engine Control Full authority digital engine  (or  electronics )  control  ( FADEC ) adalah adalah sebuah sistem yang terdiri dari komputer digital, disebut pengontrol mesin elektronik / electronic engine controller (EEC) atau unit kontrol mesin / engine control unit (ECU), dan instrumen terkait yang mengontrol semua aspek kinerja mesin pesawat. FADEC telah diproduksi untuk mesin piston dan mesin jet. FADEC (Full Authority Digital Engine Control) adalah juga sebuah system yang mengontrol secara menyeluruh operasional engine dalam merespon perintah (command inputs) dari pesawat (cockpit). Dan juga memberikan informasi ke pesawat ( flight deck indication) termasuk informasi kondisi engine. Fungsi lain  ·           Dapat mengontrol bahan bakar , N1 dan N2. ·           Mengontrol parameter engine selama proses ‘Starting Engine ‘dan mencegah engine dari Hi EGT ...

APU

Auxiliary Power Unit (APU) Auxiliary Power Unit  (APU) adalah perangkat pada kendaraan yang menyediakan energi untuk fungsi lain selain propulsi. APU biasanya dipasang pada pesawat besar, serta beberapa kendaraan darat besar. Pesawat APU umumnya menghasilkan 115V pada 400 Hz (bukan 50/60 Hz pasokan listrik), untuk menjalankan sistem listrik pesawat, selain itu dapat menghasilkan 28V DC. APU juga dipasang pada kapal-kapal angkatan laut. APU dapat memberikan listrik melalui sistem tunggal atau 3-fase. tujuan utama dari APU pesawat adalah untuk memberikan power untuk starting engines utama pesawat. Mesin turbin harus dipercepat untuk kecepatan rotasi tinggi untuk memberikan kompresi udara yang cukup pada saat engine beroperasi.   Jet engine  yang lebih kecil biasanya distart oleh sebuah motor listrik, sedangkan engineyang lebih besarbiasanya dimulai oleh motor turbin udara.Sebelumengine bergerak, APU start, umumnya oleh baterai atau akumulator hidrolik. Setela...