Langsung ke konten utama

APU

Auxiliary Power Unit (APU)


Auxiliary Power Unit (APU) adalah perangkat pada kendaraan yang menyediakan energi untuk fungsi lain selain propulsi. APU biasanya dipasang pada pesawat besar, serta beberapa kendaraan darat besar. Pesawat APU umumnya menghasilkan 115V pada 400 Hz (bukan 50/60 Hz pasokan listrik), untuk menjalankan sistem listrik pesawat, selain itu dapat menghasilkan 28V DC. APU juga dipasang pada kapal-kapal angkatan laut. APU dapat memberikan listrik melalui sistem tunggal atau 3-fase.


tujuan utama dari APU pesawat adalah untuk memberikan power untuk starting engines utama pesawat. Mesin turbin harus dipercepat untuk kecepatan rotasi tinggi untuk memberikan kompresi udara yang cukup pada saat engine beroperasi. Jet engine yang lebih kecil biasanya distart oleh sebuah motor listrik, sedangkan engineyang lebih besarbiasanya dimulai oleh motor turbin udara.Sebelumengine bergerak, APU start, umumnya oleh baterai atau akumulator hidrolik. Setelah APU bergerak, APU memberikan daya (listrik, pneumatik, atau hidrolik, tergantung pada desain) untuk memulai engine utama pesawat.

Fungsi

Tujuan utama dari APU pesawat adalah untuk memberikan power untuk starting engines utama pesawat. Mesin turbin harus dipercepat untuk kecepatan rotasi tinggi untuk memberikan kompresi udara yang cukup pada saat engine beroperasi. Jet engine yang lebih kecil biasanya distarting oleh sebuah motor listrik, sedangkan engine yang lebih besar biasanya distarting oleh motor turbin udara. Sebelum engine bergerak, APU pada umumnya distarting oleh baterai atau akumulator hidrolik. Setelah APU bergerak, APU memberikan daya (listrik, pneumatik, atau hidrolik, tergantung pada desain) untuk memulai engine utama pesawat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENGINE CONTROL

Engine Control Full authority digital engine  (or  electronics )  control  ( FADEC ) adalah adalah sebuah sistem yang terdiri dari komputer digital, disebut pengontrol mesin elektronik / electronic engine controller (EEC) atau unit kontrol mesin / engine control unit (ECU), dan instrumen terkait yang mengontrol semua aspek kinerja mesin pesawat. FADEC telah diproduksi untuk mesin piston dan mesin jet. FADEC (Full Authority Digital Engine Control) adalah juga sebuah system yang mengontrol secara menyeluruh operasional engine dalam merespon perintah (command inputs) dari pesawat (cockpit). Dan juga memberikan informasi ke pesawat ( flight deck indication) termasuk informasi kondisi engine. Fungsi lain  ·           Dapat mengontrol bahan bakar , N1 dan N2. ·           Mengontrol parameter engine selama proses ‘Starting Engine ‘dan mencegah engine dari Hi EGT ...

ENGINE FUEL SYSTEM

Engine fuel system Fuel system adalah sistem pengisian, penyimpanan dan pendistribusian fuel ke sistem engine dan APU. Pada normalnya ada 3 tangki Fuel yang ada dipesawat yaitu tank 1 yang berada di kiri sayap, Tank 2 yang ada di kanan sayap dan center tank yang berada di tengah sayap. Masing-masing di lengkapi dengan electrical boost pump. Pompa ini mendistribusikan fuel di bawah tekanan ke Engine dan APU. Fuel yang di muat ke pesawat dari ground akan melalui sebuah katup fueling di bagian fueling yang bertekanan. Elektric motor-driven boost pump dan saluran fuel mendistribusikan fuel dari suatu tank ke satu Engine atau kedua-duanya. Electrically operated valve mengontrol fuel cross-feed dan Engine fuel shutoff. Pump dan valve pengontrol di lengkapi dengan instrument dan indicating light untuk memonitoring system tersebut,pengaturan dari system control panel berada di depan di atas kepala panel.              Di dalam S...